Rabu, 09 April 2008

KOMPUTER AKUNTANSI

KOMPUTERISASI AKUNTANSI

komputerisasi akuntansi

Profil Jurusan Komputerisasi Akuntansi

Jurusan Komputerisasi Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat untuk kategori sekolah tinggi yang berbasiskan Komputer Sistem Penyelenggaraan Pendidikan.

Tujuan Sistem Pendidikan pada Jurusan Komputerisasi Akuntansi
adalah :Untuk Menghasilkan tenaga ahli madya dibidang komputerisasi akuntansi dengan memiliki kemampuan teoritis dan praktis berbagai aspek komputerisasi akuntansi, serta pengetahuan pendukung yang relevan dengan jenis pekerjaan yang ditanganinya.
Dan juga memiliki sifat bertanggung jawab dalam mengambil keputusan baik terhadap masyarakat luas dan profesinya.

Kemampuan teoritis yang umumnya diberikan di dalam jurusan komputerisasi akuntansi antara lain:
- Akuntansi Keuangan
- Akuntansi Biaya
- Manajemen
- Perpajakan
- Auditing
- Akuntansi Manajemen
- Teori Ekonomi, Dll

Sedangkan kemampuan praktis yang umumnya diberikan di dalam jurusan komputerisasi akuntansi antara lain:
- Paket Program Niaga (aplikasi Word, Exel, Powerpoint)
- Aplikasi Akuntansi (MYOB, DEA, )
- Bhs. Pemprograman (Pascal, Cobol, Visual Basic, Delfi ), dll

Aplikasi Akuntansi KomputerPerkembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam teknologi informasi dan komunikasi sangat berperan penting dalam dunia pendidikan dan bisnis. Hal ini dikatakan penting karena dunia usaha menuntut setiap jenis usaha mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat secara up to-date.

Pesatnya perkembangan ini membuat setiap orang yang terlibat dalam dunia usaha untuk selalu mengikuti kemajuan teknologi ini.Salah satu perkembangan teknologi informasi dalam dunia usaha yang umum dipakai di dunia usaha di luar negeri adalah Aplikasi Akuntansi Komputer, namun sayangnya teknologi informasi ini masih belum umum untuk dunia usaha di Indonesia. Tulisan ini dimaksudkan untuk lebih mengenalkan teknologi informasi Aplikasi Akuntansi Komputer kepada seluruh orang yang terlibat dalam dunia usaha.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pemakai informasi mengenai Aplikasi Akuntansi Komputer.
Apa saja jenis aplikasi akuntansi komputer ?
Jawab :Jenis-jenis Aplikasi Akuntansi Komputer yang ada dan telah banyak dikenal serta dipakai dalam dunia usaha adalah MYOB, DacEasy, Payroll, General Ledger, Simply Accounting, Peachtree, Acc Pac, dan lain-lain.
Apa manfaat dari masing-masing jenis Aplikasi Akuntansi Komputer ?
Jawab :Secara umum manfaat masing-masing jenis Aplikasi Akuntansi Komputer ini hampir sama, yaitu memberikan kemudahan dalam menyusun laporan keuangan suatu perusahaan secara cepat dan efisien serta akurat.
Apa keuntungan penggunaan Aplikasi Akuntansi Komputer dibandingkan dengan cara manual ?
Jawab :Keuntungan yang bisa dirasakan dengan menggunakan teknologi informasi Aplikasi Akuntansi Komputer adalah mendapatkan laporan keuangan secara otomatis, cepat dan memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan secara manual.
Mempunyai kemampuan untuk menampilkan data secara cepat dan mudah. Mempunyai sistem pengamanan berupa password, dapat menyajikan laporan keuangan komparasi sesuai dengan data pada periode yang diinginkan.
Siapa yang dapat menggunakan Aplikasi Akuntansi Komputer ?
Jawab : Yang dapat menggunakan Aplikasi Akuntansi Komputer ini adalah semua orang yang mengetahui prosedur standar pembukuan dan dapat mengoperasikan komputer, tidak harus seseorang yang pakar akuntansi dan atau pakar komputer.

KOMPUTER AKUNTANSI

Pendidikan Agama
Agar mahasiswa mempunyai tingkah laku yang baik sesuai dengan ajaran agama masing-masing dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama pada profesinya masing-masing
Bahasa Inggris
Agar mahasiswa dapat memahami dan mempelajari kalimat dalam textbook yang berbahasa Inggris dengan lancar, kalimat yang tercantum dalam textbook, , memahami kalimat yang lebih komplek, dapat mengaplikasikan pola-pola kalimat dan dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris .
Akuntansi Dasar I
Agar mahasiswa mengetahui mengenai prinsip akuntansi, proses akuntansi untuk menyusun ikhtisar keuangan pada perusahaan, fabrikasi termasuk penjelasan mengenai beberapa perkiraan neraca, memperoleh gambaran tata cara menyusun suatu laporan keuangan, menerapkan prinsip akuntansi Indonesia dan pembahasan pos neraca seperti : kas, piutang, persediaan, hutang jangka pendek
Software Aplikasi
Agar mahasiswa trampil menggunakan paket software aplikasi seperti pengolah kata, pembuatan laporan, pembuatan lembar kerja (spread seheet) dan grafik, maupun pembuatan presentasi dengan menggunakan komputerLogika
Algoritma
Agar mahasiswa dapat memahami logika/alur pembuatan program dan dapat menggunakan system aplikasi turbo basic dalam pembuatan program.
Akuntansi Dasar II
Agar mahasiswa mempunyai pengetahuan yang lebih mendalam mengenai pos neraca secara keseluruhan, pos rugi laba sesuai prinsip akuntansi dan peraturan pajak pendapatan, mampu menyusun dan mengajukan laporan keuangan secara lengkap termasuk seluruh pos-pos neraca serta dapat menjelaskan pengertian dan prinsip-prinsip : investasi jangka panjang, hutang jangka panjang, modal saham dan sebagainya.
Internet
Agar mahasiswa dapat memahami internet dan dapat menggunakan fasilitas yang ada pada internet.
Pengantar Manajemen
Agar mahasiswa mampu memahami kerangka piker ilmu manajemen melalui cakupan buku referensi yang dipergunakan, memahami konsep teori-teori manajemen yang relevan bagi praktek organisasi bisnis, serta mampu berpola piker dan bertindak manajerial, khususnya di bidang teknologi informasi.
Aplikasi Komputer Akuntansi
Agar mahasiswa dapat menerapkan laporan keuangan perusahaan dagang menggunakan program aplikasi Microsoft Excel, Dac Easy Accounting dan MYOB Accounting.
Perpajakan
Agar mahasiswa memecahkan kasus perpajakan di Indonesia antaralain pendapatan rugi/laba menurut system akuntansi dan prinsip pajak, pemotongan yang diperkenankan kepada perseorangan, usaha bersama perseroaan dan ketentuan pajak langsung pada situasi praktisSistem Jaringan <>
Agar mahasiswa dapat menginstalasi jaringan komputer dan menerapkannya ke dalam komunikasi data.
Sistem Informasi Manajemen
Agar mahasiswa dapat memahami dan mengenali berbagai system informasi dalam manajemen organisasi sehingga mereka mampu menerapkan konsep ini untuk mendukung manajemen organisasiPemrograman Pascal
Agar mahasiswa mampu membuat program aplikasi sederhana untuk memudahkan pemecahan suatu masalahAnalisis & Perancangan Sistem InformasiAgar mahasiswa mampu dan merencanakan suatu system komputer yang meliputi personnel training, file creation and conversion, programming, system testing, design testing, memahami system perkembangan komputer,mampu melaksanakan perencanaan system penggunaan komputer, merancang suatu system informasi secara terstruktur, memberikan keterampilan dalam merancang system informasi.
Web Design
Agar mahasiswa mampu mendesain sebuah homepage statis berorientasi grafik.Pemrograman Terstuktur(Aplikasi Visual Basic)Agar mahasiswa dapat membuat program aplikasi berbasis objek dengan menggunakan Pemrograman Visual BasicalgoritmaAgar mahasiswa dapat menguasai dan memahami teori dasar struktur dan penanganan data, serta penyusunan algoritma dan pemanfaatan bentu struktur tersebut, meningkatkan pemahaman stuktur data dan penanganan data bagi perencanaan algoritma dan penyusunan program; misalnya sebagai dasar teknik sebuah penyusunan database.
Metodologi
PenelitianAgar mahasiswa memahami cara pembuatan telaah kepustakaan, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan rancangan penelitian.
Pemrograman
TerstrukturAgar mahasiswa dapat membuat program aplikasi berbasis internet dengan menggunakan PHP& MYSQL Database Aplikasi.
Akuntansi Biaya
Agar mahasiswa mengetahui ruang lingkup akuntansi biaya, konsep biaya, metode pencatatan dan teknik perhitungan biaya, peranggaran laba, anggaran fleksibel, penetapan biaya standar, kalkulais biaya standar, kalkulasi biaya langsung dan manajemen konstribusi, analisis biaya.
Advance Accounting
Agar mahasiswa dapat melakukan pengukuran, penilaian dan perlakuan untuk setiap jenis kewajiban, modal, pendapatan dan beban, perubahan akuntansi, kesalahan dan koreksi, metode penyajian laporan perubahan posisi keuangan, analisis laporan keuangan, akuntansi perusahaan, cabang dan konsolidasi, penjualan angsuran dan konsilidasi, likuiditas, inflasi, transaksi perdagangan luar negeri.
Sistem Informasi Akuntansi
Agar mahasiswa memahami dan menguasai konsep system informasi akuntansi, hubungan antara system informasi manajemen dan system informasi akuntansi, proses penyusunan system informasi akuntansi pada umumnya serta untuk beberapa jenis usaha tertentu.

2 komentar:

mygiet mengatakan...

software-software aplikasi komputer yang biasa di ajarkan di bangku kuliah sebenernya hanya prototipe buat belajar akuntasi yang terkomputerisasi. bagai mana aplikasi dalam industri sebenarnya jarang memakai software yang di pelajari di kampus. biasanya perusahaan mempunyai software pengembang sendiri baik itu lokal atau dari luar negri. terlebih lagi software akunting yang di pelajari di kampus biasanya hanya one man accounting buka sitem multi user dan multi devisi. misal software dec easy apa juga di desain bisa integrate dengan program inventori, A/R atau A/P.tapi untuk belajar akuntansi komputer sudah memcukupi sih.

xclmedia mengatakan...

Salam kenal, satahu saya Myob/Dea kebanyakan hanya bisa untuk praktek kurikulum aja. Dalam praktek akuntansi sebenarnya agak sulit diterapkan, malahan orang banyak pake excel. Nah saya buat Software Akuntansi di Excel, kemampuannya menyamai program2 komputer yang ada. General Ledger di Excel juga ada, dengan sistem jurnal umum. Kunjungi aja situs saya http://xclmedia.com.